Skip to main content

Perkembangan, Fungsi dan Peran Sosmed




Media adalah suatu wadah atau tempat di mana orang dapat berkomunikasi sesama user (pengguna) secara tidak langsung dan dibutuhkan koneksi internet untuk dapat melakukan komunikasi ini. Di sini user atau pengguna dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau menambah teman. Internet merupakan salah satu aspek penting dalam berhubungan dalam aplikasi sosial media, internet telah merangkul dunia yang memegang peran manusia dalam kehidupan manusia. Internetpun juga bisa di katakan menjadi rekan manusia untuk berkomunikasi dalam sosial media, melalui internet manusia dapat berbagi informasi, melakukan kegiatan bisnis serta dapat menjalin hubungan sosial antar sesama manusia dengan menggunakan sosial media ini. Tergantungnya kebutuhan manusia terhadap sosial media telah banyak membuat perusahaan perusahaan teknologi dan informasi membuat aplikasi aplikasi sosial media seperti facebook, twitter, myspace dan friendster, serta masih banyak lagi aplikasi sosial media yang ada di era perkembangan modern ini. 
Pesatnya perkembangan teknologi sekarang membuat banyak aplikasi aplikasi sosial media  baru yang bermunculan di dunia maya. Kini dengan mengandalakan smartphone yang berhubungan dengan internet, kita sudah bisa mengakses beberapa situs sosial media seperti, facebook, twitter, line, we chat, kakao talk dan itu semua bisa kita akses dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan koneksi internet dan itu membuat arus informasi semakin besar dan pesat. Perkembangan sosial media yang pesat ini tidak hanya terjadi pada negara negara maju saja, di negara berkembang seperti tanah air kita ini Indonesia, banyak user atau pengguna sosial media dan perkembangan yang pesat ini bisa menjadi pengganti peran media massa konvensiaonal dalam menyebarkan berita atau informasi. Selain itu, Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia dalam penggunaan akun twitter.  Selain untuk membagi informasi, sosial media maupun internet juga dapat dijadikan sebagai sutau kegiatan bisnis, seperti membuka toko online. Facebook dan Twitter menurut saya merupakan sosial media yang banyak digunakan sebagai toko online, mereka membuat akun baru dan memberi nama akun mereka menjadi kategori barang dagangan mereka yang akan mereka dagangkan. Membuat komunitas bisa juga dilakukan melalu sosial media, komunitas komunitas seperti fans boyband, girlband, fans pecinta olahraga sepak bola, fans sebuah grup band dan masih banyak komunitas komunitas yang bisa kita buat.

 Perkembangan Sosial Media
  •  Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada sebuah jejaring sosial bernama Friends Reunited. Dari infografik dan MarketingDirecto.com, berikut  tercantum cukup lengkap perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012. Terdapat beberapa hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998 Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna. Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya menghilang sampai sekarang. Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu juta situs. Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh Facebook. Google+ mungkin belum tampak cukup besar untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkanFacebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun. Kemungkinan apapun bisa terjadi. Google+ yang baru lahir tahun 2011, apakah butuh selama itu untuk menggeser Facebook? Berikut adalah sedikit gambaran tentang evolusi media social.
DIKUTIP DARI : http://sugikshare.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-sosial-media-dan-perkembangan.html

FUNGSI SOSMED.....
Sebenarnya, apa untungnya sih menggunakan sosial media? Kok bisa sampai berjuta-juta orang senang menggunakan sosial media? Yuk kita tengok beberapa manfaat dari sosial mediadilihat dari berbagai bidang.

1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi

sosial mediaManfaat sosial media tentu sesuai namanya yaitu untuk bersosialisasi. Namanya saja sudah sosial media, sudah jelas dong fungsi utamanya adalah sebagai media untuk bersosialisasi antar individu.
Mau mengobrol dengan teman yang rumahnya jauh tanpa harus bertemu? Sosial media membantu para penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain.
Sosialisasi ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa batas waktu dan ruang, tapi terbatas pada koneksi, sinyal, dan kuota internet. Hehehe. Hal inilah tujuan utama dari sosial media, dan sukses menyedot banyak pengguna yang ingin bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kerabatnya.

2. Sosial Media Menggantikan Fungsi Buku Diary

Generasi 80-90an pasti sudah gak asing lagi dengan buku diary. Yap, buku ini biasanya berisi curhatan-curhatan dari si pemilik tentang perasaannya. Bisa berisi curhatan sedih, curhatan jatuh cinta, atau curhatan yang menyenangkan. Nah, saat ini fungsi diary sudah hampir punah, dan dapat digantikan oleh sosial media. Bukan rahasia lagi kalau banyak pengguna sosial media yang menulis curhatan-curhatan mereka, seperti mengeluh, sedih, jatuh cinta dan saat bahagia. Karena mudah dalam menggunakannya, maka sosial media pun sering menjadi tempat penggunanya untuk curhat.

3. Sosial Media dapat mempertemukan Teman Lama.

Masih ada hubungannya dengan bersosialisasi, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama. Ada beberapa kejadian, dimana dua orang saudara kembar yang hidupnya terpisah sangat jauh dan tidak saling mengenal, malah akhirnya bisa bertemu di dalam sosial media. Atau ada juga kejadian ketika kita melihat nama yang cukup familiar dan pernah kita kenal, dan ternyata itu adalah teman anda di masa kecil! Senang sekali bukan? Bisa bertemu dengan teman lama berkat sosial media.

4. Sosial Media Menemukan teman baru

Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media. Bukankah menyenangkan bisa mendapatkan teman baru, dan menambah tali silaturahmi?

5. Sebagai media penghibur

Apakah anda sedang galau dan pusing dengan hidup, atau pekerjaan anda? luangkanlah waktu sejenak untuk bermain-main di sosial media. Anda dapat menemukan berbagai hal menarik yang menghibur. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar lucu, ataupun kutipan kutipan menarik yang dapat membuat anda rileks dan bisa melupakan galau dan pusing sejenak. Apabila anda sedang suntuk, anda juga dapat mencari berbagai hal menarik yang dapat menghibur anda di sosial media.

6. Penyaluran Hobi

Anda memiliki sebuah hobi, namun bingung untuk menyalurkannya? Atau tidak tahu dimana mencari orang-orang dengan hobi yang sama seperti anda? jangan khawatir, sosial media punya jawabannya. Ada banyak grup dan akun dari sosial media yang menjadi tempat berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobi yang sejenis. Ada komunitas kendaraan bermotor, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta music, dan bahkan ada pula komunitas karyawan dengan jenis pekerjaan yang sama. Dalam komunitas ini, para pengguna sosial media dapat saling berbagi pengalaman, tips, dan banyak hal mengenai hobi dan kesamaan minat mereka.

7. Memberikan Berbagai Macam Informasi ter-update

Jalanan ini macet loh. Atau ada kecelakaan di depan kantor. Nah, informasi-informasi ini bisa kita temui dengan sangat mudah di dalam sosial media. Pengguna sosial media pun cukup terbantu dengan informasi-informasi seperti ini.
Selain itu, informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.

8. Sosial Media Untuk Meminta Bantuan

Pengguna sosial media sangatlah banyak. Jumlahnya ratusan juta. Dan cukup lebih beberapa ratus atau beberapa puluh ribu penggunanya berdomisili di sekitar anda. Hal ini bisa dimanfaatkan anda dalam meminta bantuan. Contohnya adalah ketika kendaraan anda mogok di daerah tertentu, anda bisa meminta bantuan pada kerabat atau pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda.
Atau ketika hewan peliharaan anda hilang, anda dapat meminta bantuan dari pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda dalam menemukan hewan kesayangan anda.

9. Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan

Pernah mendengar istilah kultwit? Ya, ini merupakan metode pemberian materi ilm pengetahuan yang bersifat mendidik di dalam sosial media twitter. Kultwit ini biasanya berisi materi tentang ilmu pengetahuan yang sifatnya popular, atau berisi tentang tutorial dalam melakukan sesuatu, seperti cara memasak, cara membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

10. Sosial Media Untuk Mencari Uang

Nah, ini merupakan manfaat sosial media yang sedang ramai-ramainya dinikmati oleh penggunanya. Mencari uang. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mempromosikan usaha anda di sosial media. Buatlah iklan ada semenarik mungkin agar banyak calon pembeli yang tertarik. Selain itu, anda juga bisa menjual barang yang akan anda jual di sosial media. Cukup berikan foto dari barang yang anda jual, maka pengguna lain akan membeli dagangan anda.
Tidak adanya pajak yang dipungut dari promosi dan marketing pada sosial media membuat para pengguna sosial media dapat mencari uang dengan leluasa dengan menggunakan sosial media. Hanya bermodalkan sosial media dan teknik marketing yang baik, maka pembeli pun akan datang dengan sendirinya.
Ya, itulah 10 manfaat sosial media di berbagai bidang. Bagaimana? Apakah anda sudah merasakannya? Atau masih mengeksplorasi berbagai fitu dari sosial media? Sosial media adalah suatu sistem yang akan terus berkembang. Maka dari ke-10 manfaat diatas hanyalah manfaat yang rata-rata bisa dirasakan oleh penggunanya saat ini. Ada kemungkinan nanti akan muncul fitur baru dalam sosial media yang akan menambah jumlah manfaat yang bisa di dapatkan dari sosial media.
DIKUTIP DARI : http://manfaat.co.id/10-manfaat-sosial-media-di-berbagai-bidang

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi IGP Dan EGP Serta Perbedaan Sistem Kerja Pada Keduanya

1.        IGP ( Interior Gateway Protocol) adalah untuk routing dalam satu domain, jaringan-jaringan itu berada dalam kontrol dari satu organisasi. Sistem otonom umumnya terdiri dari banyak jaringan individu milik perusahaan,sekolah, dan lembaga lainnya. dan juga digunakan untuk rute dalam jaringan individu sendiri. Sebagai contoh, sistem otonom terdiri dari sekolah, akademi, dan universitas. IGP yang digunakan oleh setiap entitas menyediakan penentuan jalur terbaik dalam domain routing sendiri,  IGP untuk IP antara lain RIP, IGRP, EIGRP, danOSPF .

Cara Membuat Hyperlink Pada Power Point

          Presentasi yang baik dan menarik adalah sebuah impian semua orang yang ingin menyampaikan materinya kepada orang banyak, agar tidak terlalu monoton dan kaku di dalam suatu kelas atau forum. Nah disini saya akan membagikan sedikit tutorial tentang hyperlink di Power Point.          Power Point merupakan media yang paling banyak digunakan hampir semua orang. Yuk tunggu apalagi langsung menuju TKP hehehehe, 1. Buka aplikasi Power Point anda 2. Setelah anda membuka halaman utama ppt, maka yang kedua adalah design materinya sesuai            dengan kebutuhan anda sendiri, saya buatnya seperti ini untuk sebagai contoh saja.